Friday, October 16, 2009

Sistem informasi di perusahaan tempat saya bekerja.

Dewasa ini, sistem informasi yang efektif, efisien dan terintegrasi menjadi suatu hal yang mutlak bagi perusahaan - perusahaan masa kini. Sistem informasi yang akurat akan turut menentukan kelancaran proses bisnis perusahaan yang memilikinya.

Dulu, sistem informasi dibuat perbagian proses bisnis, sehingga terdapat kesulitan dalam pemindahan data yang telah diolah dari satu bagian ke bagian lainnya. Dengan kata lain, proses tersebut dilakukan secara manual.

Berbeda dengan jaman dulu, saat ini sistem informasi telah terintegrasi satu sama lain. Dengan dipergunakannya sistem database terpusat, sistem informasi pada setiap bagian proses bisnis dapat saling bertukar informasi secara mudah dan akurat. Hal ini tentunya sangat meningkatkan efisiensi dari proses bisnis secara keseluruhan.

Perusahaan tempat saya bekerja saat ini belum memiliki suatu sistem informasi yang memadai untuk memperlancar proses bisnisnya. Masing-masing bagian memiliki data yang tersimpan secara tersebar sehingga menyulitkan perpindahan data dari satu bagian ke bagian lain, bahkan proses perpindahan informasi ini seringkali menimbulkan kesalah-pahaman antar bagian.
Jika saya membayangkan seperti apakah sistem informasi di perusahaan tempat saya bekerja tersebut dimasa yang akan datang, akan jauh lebih baik jika diterapkan suatu sistem informasi yang bersifat one stop service. Misalkan terdapat sebuah portal user authentication yang akan menentukan sistem informasi apa yang akan diakses oleh user tersebut. Tentunya sistem informasi yang diakses oleh masing-masing user tergantung dari divisi user tersebut. Masih menggunakan sistem database terpusat untuk memudahkan pengolahan data, sehinga diperlukannya suatu sistem lain yang akan menjamin availability dan security dari database terpusat tersebut.

No comments:

Post a Comment