Friday, October 2, 2009

Harapan saya setelah menjadi S.Kom


Tanpa disadari, dewasa ini banyak sekali aspek dalam kehidupan manusia yang bergantung pada teknologi informasi. Contohnya saja dari bidang transportasi kita bisa memesan tiket pesawat terbang secara online. Dari bidang perbankan, kita dapat dengan mudah, cepat dan aman men-transfer uang kepada sanak saudara kita yang berada di tempat jauh melalui bank, kita juga dapat dengan mudah mengambil uang melalui mesin ATM. Dari bidang telekomunikasi, kita dapat dengan mudah dan cepat menghubungi dan berbicara dengan teman kita yang berjarak ratusan kilometer. Apalagi dengan adanya layanan internet yang semakin memudahkan kita dalam berkomunikasi dan mencari informasi.
Sekali lagi tanpa disadari, teknologi informasi telah mengubah cara kita belajar, cara kita bekerja, dan cara kita hidup.
Contoh lainnya, pemanfaatan teknologi informasi yang lebih besar pada perusahaan-perusahaan yang menjadikan teknologi informasi sebagai aspek yang sangat penting dalam proses bisnisnya. Sebut saja banking, oil company, law firm, BUMN, telco, stock trading, financial company, insurance company, dan berbagai perusahaan lainnya hingga terdapat perusahaan yang disebut System Integrator atau IT Solutions Provider yang menjual barang-barang dan jasa IT kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkannya.
Secara umum, pemanfaatan dan pengembangan IT yang sedemikian besar dan cepat pastinya akan membutuhkan banyak sekali tenaga-tenaga profesional yang benar-benar mengerti, memahami dan mendalami IT. Oleh karena itu, tentulah akan terdapat banyak sekali lapangan pekerjaan di bidang ini. Sekarang pertanyaannya adalah, seberapa siapkah kita dalam mengambil kesempatan ini?
Pendidikan di bidang IT menjadi modal utama bagi kita yang ingin bergelut di bidang IT. Tetapi, bidang IT bukanlah bidang yang hanya memerlukan pengetahuan saja, tetapi IT adalah suatu bidang yang juga memerlukan keterampilan dan pengalaman. Bahasa kerennya, untuk terjun ke dunia IT, tidak hanya dibutuhkan knowledge saja, tetapi juga skill dan experience.
Saya saat ini sedang bekerja di suatu perusahaan IT Solutions Provider. Dari dulu saya memiliki cita-cita untuk menjadi seorang expert di bidang IT, terutama pada bidang computer internetworking. Oleh karena itulah, saya memutuskan untuk menimba ilmu di bidang ini hingga tingkat sarjana dan jika memungkinkan hingga tingkat pasca-sarjana. Tidak akan berhenti disitu saja, dan juga tidak akan berhenti pada pemanfaatan teknologi informasi semata, tujuan saya yang lebih tinggi adalah ikut terlibat dalam pengembangan teknologi informasi.

No comments:

Post a Comment