Sunday, February 14, 2010

UAS Pengantar TI

1. Sistem Pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari para pakar (manusia) dalam bidang tertentu. Program ini berisi suatu set aturan yang menganalisa informasi data dari suatu masalah yang di-input oleh pengguna sistem dan menganalisanya secara matematis. Sebagai outputnya, sistem pakar dapat memberikan rekomendasi suatu tindakan kepada pengguna berdasarkan analisa yang dilakukannya. Sistem pakar dibuat berdasarkan kecerdasan buatan.
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang di-program ke dalam sebuah komputer sehingga komputer dapat melakukan proses dan melakukan pekerjaan seperti layaknya manusia. Kecerdasan buatan dapat berkembang menjadi berbagai macam aplikasi seperti Sistem Pakar, Games, Jaringan Syaraf Buatan, Fuzzy Logic, dan lain sebagainya.

2. B2B atau Business to Business adalah suatu transaksi yang melibatkan antar perusahaan. Volume transaksinya sangat besar jika dibandingkan dengan volume transaksi B2C.
B2C atau Business to Customers adalah suatu proses bisnis yang melibatkan perusahaan dengan customer pemakai suatu produk atau layanan. Volume transaksi B2C jauh lebih kecil dibandingkan dengnan volume transaksi B2B.
B2E atau Business to Employee adalah suatu proses bisnis yang melibatkan perusahaan dengan karyawannya, sehingga memungkinkan perusahaan menjual produk atau layanannya kepada karyawan.
C2C atau Customers to Customers adalah suatu proses bisnis yang transaksinya melibatkan beberapa customers melalui suatu layanan pihak ketiga.

3. Teknologi komunikasi bergerak adalah suatu teknologi komunikasi tanpa kabel yang memanfaatkan media berupa gelombang elektromagnetik sebagai media perantaranya.
Teknologi komunikasi bergerak ini pada awalnya digunakan untuk mengirimkan pesan suara jarak jauh tanpa mengunakan kabel dengan menggunakan modulasi gelombang analog. Seiring berkembangnya kemajuan teknologi wireless, kemudian teknologi ini tidak hanya menghantarkan suara saja, tetapi juga data digital yang dihantarkan melalui modulasi gelombang digital. Di masa mendatang, trend teknologi wireless akan mengarah pada pemanfaatan terhadap data digital dengan tingkat kecepatan yang sangat tinggi dengan cost yang murah, serta peningkatan terhadap sistem pengamanan teknologi wireless.
Teknologi wireless merupakan teknologi yang bersifat unguided sehingga signal gelombang elektromagnetik yang dikirimkan dari pemancar tidak dapat dikendalikan kepada satu alat penerima saja, tetapi bisa saja ke semua alat penerima yang berada dalam jangkauan. Oleh karena itu, sistem pengamanan dalam teknologi wireless akan sangat dibutuhkan mengingat semakin tingginya angka kriminalitas dalam dunia maya yang memanfaatkan teknologi wireless. Meskipun teknologi encryption, authentication, dan authorization telah diterapkan dalam teknologi wireless, tetapi kemampuan para penjebol dunia maya ini juga akan semakin meningkat sehingga diperlukannya inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan tingkat keamanan teknologi wireless.


4. Sifat-sifat informasi yang cocok untuk level direktur adalah informasi yang bersifat summary dari berbagai jajaran management di bawahnya, sehingga direktur dapat mengambil keputusan strategis secara tepat yang secara menyeluruh untuk perusahaan tersebut. Sedangkan sifat-sifat informasi yang cocok untuk level manajer lini adalah summary informasi yang masih bersifat teknis dari tim pelaksana bawahannya.

5. Keamanan teknologi informasi dewasa ini menjadi sangat penting karena semakin meningkatnya angka kriminalitas dunia maya. Menurut saya, mana yang lebih penting antara mengembangkan teknologi keamanan dan membangun budaya peduli dan menghargai, untuk saat ini lebih penting mengembangkan teknologi keamanan yang canggih untuk memproteksi data dan jaringan, sambil membangun budaya peduli dan menghargai. Tidak mungkin membangun budaya peduli dan menghargai dalam sekejap dan hanya mengharapkan budaya peduli dan menghargai untuk menangulangi masalah keamanan tanpa adanya teknologi pengaman jaringan yang memadai.

No comments:

Post a Comment